21.03 | Posted in ,

Dalam komputasi, Bootstrap Protocol, atau bootp, adalah UDP protokol jaringan yang digunakan oleh sebuah jaringan klien untuk mendapatkan alamat IP-nya secara otomatis. Hal ini dilakukan selama bootstrap proses ketika komputer dimulai up. Bootp server yang menetapkan alamat IP untuk setiap klien dari kumpulan alamat. Bootp protokol yang pada awalnya ditetapkan dalam RFC 951.

Bootp memungkinkan 'diskless workstation' komputer untuk mendapatkan alamat IP sebelum memuat advanced sistem operasi. Historis, sudah digunakan untuk mirip Unix diskless workstation (yang juga diperoleh lokasi mereka imej boot menggunakan protokol ini) dan juga oleh perusahaan untuk bangun pra-konfigurasi klien (misalnya Windows) instalasi ke PC yang baru dibeli.

Awalnya memerlukan penggunaan boot floppy disk untuk menetapkan awal koneksi jaringan, protokol menjadi tertanam di BIOS dari beberapa kartu jaringan sendiri (seperti 3c905c) dan juga di banyak modern motherboard sehingga langsung boot jaringan.

Baru saja, yang dengan bunga di diskless stand-alone PC media pusat telah menunjukkan minat baru ini metode boot sebuah sistem operasi Windows. [1]

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang lebih canggih berdasarkan bootp, namun jauh lebih kompleks untuk melaksanakan. Kebanyakan DHCP server bootp juga menawarkan dukungan.


Category: ,
��

Comments

0 responses to "Bootstrap Protokol"