22.16 | Posted in ,

linux itu adalah nama kernel saja.
kalo kamu ngomong slackware, fedora, suse, dll, secara konsep itu bukan linux, tapi distro linux, sehingga kamu bakal salah jika ngomong: linux slackware, linux fedora, dll. yang benar adalah: distro linux slackware, distro linux fedora.
but karena banyak orang awam (baca dungu/blo’on, hehehe…) tentang ini maka semua dah pada maklum.

OS ngak bisa berguna banyak kalo cuman berisi kernel toh?
windows yang cuman kernel saja g bisa memberikan manfaat toh? (makanya ditambahkan program standar: notepad, cmd, paint, dll)
trus jadilah distro windows.
jadi distro adalah: kernel + program aplikasi lain, kemudian di bundle jadi sebuah CD/DVD


opensolaris itu adalah nama kernel, dan sifat kernel ini adalah opensource. tetapi lisensi opensolaris bukan GNU, tapi CDDL yang bussiness friendly. kamu bisa download kernel opensolaris, mengubahnya, dijadikan sebuah prosuk, tapi kamu berhak untuk tidak memperlihatkan source code kamu itu, sehingga rahasia perusahaan aman.
Mirip seperti lisensi BSD yang sangat liberal. jika sebuah sourcecode di release dengan BSD, kamu bisa download, mengubah, dan mengklaim sourcecode itu adalah milik kamu. itulah kenapa beberapa perusahaan memilih BSD/CDDL untuk implementasi produknya.
mis: juniper, pFsense, dll

dalam kasus opensolaris, nama distronya juga sama: distro opensolaris.
sehingga kalo kamu ngomong opensolaris saja, kamu perlu menjelaskan lebih lanjut: itu kernel atau distro?

solaris adalah nama distro. kernelnya diambil dari opensolaris kemudian + applikasi, trus di bundle ke dalam CD/DVD.
bedanya: kalo distro opensolaris yang ngurusin komunitas, distro solaris yang ngurusin adalah sun microsystem langsung.
pada distro solaris, sun melakukan testing, maintain, update, RnD, agar distro solaris menjadi tangguh dan stabil. jadi bener2 di urusin oleh sun microsystem, sehingga jadi paket2 serta feature2 didalamnya sedikit lebih tertinggal dari distro opensolaris, karena alasan stabilitas.

ohya, setelah merelease distro solaris, sun juga merelease distro “Solaris Express”. Distro ini tersedia bebas, di update 2 minggu sekali, buat para developer, hackers, testers, hobbyist, semua orang. gunanya sih biar diajak ngetest distro tersebut, lapor ke sun kalo ada bug, hang, ato apalah. sehingga solaris release berikutnya sudah stabil.

mengenai biaya, dua-duanya gratis. bisa di download bebas. sun juga menyediakan link langsung untuk mendownload distro solaris.
kalo anda perlu support unprofessional (tanya2 cara pake produk) bisa tanya ke milis opensolaris dan akan dijawab oleh komunitas. kalo pertanyaannya susah, maka jarang ada yang jawab. hehehehe :-p
tapi kalo pengen professional support dari sun langsung (tanya via telpon, respon kurang dari 24 jam jika ada problem, dll), maka harus beli service dari sun. iya laah, professional support gitu loh! masak gretong!

btw, redhat tidak menyediakan link langsung untuk download distro redhat, dan redhat berhak melakukan itu. karena didalam distronya terdapat trademark redhat.
redhat hanya menyediakan download untuk sourcecode distronya, karena distro redhat berbasis GNU.
dari source code inilah kemudian dibuild lagi menjadi CentOS, semua trademark redhat diganti menjadi CentOS. sehingga distro CentOS bisa di download.

Category: ,
��

Comments

2 responses to "Apa Bedanya: Solaris, Opensolaris, Solaris Express?"

  1. r41nbuw On 2 Desember 2008 pukul 13.12
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
     
  2. r41nbuw On 2 Desember 2008 pukul 13.13

    ini ngambil dari OSUM ITT yah?

    hehehe...