04.53 | Posted in

GAMBAS (Gambas Almost Means BASic). Mungkin belum banyak dari kita yang pernah menggunakannya. Bagi yang sering berkutat dengan Visual Basic tentu tidak akan asing lagi dengan Gambas. Gambas adalah IDE (Integrated Development Environment) dengan basisnya menggunakan bahasa Basic yang jalan diatas platform linux. Tujuan para developer membuatnya adalah untuk menggantikan peran Ms Visual Basic, yang lebih dahulu merambah dunia, untuk platform linux. Perbedaannya? Tentu saja pembaca semua sudah tahu……..free & non-free.

Beberapa saat yang lalu saya coba menggunakan IDE tersebut, dan karena sudah terbiasa dengan VB, maka user interface gambas langsung familiar di mata saya, mirip dengan VB. Bahkan menurut saya, lebih enak dan mudah menggunakannya daripada VB ( saya baru mencicipinya lho, belum dimakan, hehe).

Ketika kita menyimpan suatu program yang dibuat menggunakan Gambas, akan terbuat tiga buah file dengan ekstensi .project; .class; dan .form . Dan jika di-compile akan menghasilkan file executable .gambas . Ini berbeda dengan VB yang tidak membuat file .class karena file tersebut sudah ter-include dalam file projectnya (.vbp).

Dalam hal databasing, Gambas mendukung bahasa-bahasa query yang tidak asing lagi : MySql, PostgreSQL dan Sqlite. Sehingga tidak perlu khawatir dalam merancang database.

Tentu saja tidak dalam semua hal Gambas dapat mengungguli VB. Dalam hal popularitas, Gambas masih jauh di bawah VB, itu karena kita tahu belum banyak orang yang menggunakan linux. Karena itu jugalah, belum banyak penerbit yang menerbitkan buku tutorial Gambas ( elektronik maupun cetak, saya lagi nyari soale). Padahal bisa jadi Gambas lebih powerfull daripada VB (saya belum tahu). Yang jelas, Gambas & VB bukanlah saudara kembar tapi Gambas adalah jelmaan VB di dalam platform linux.



Category:
��

Comments

2 responses to "Apa itu Gambas ???"

  1. Anonim On 27 Oktober 2009 pukul 19.45

    Keren Coy . . .

    Tambah informasi lagi tentang linux (Khususnya VB)
    Tapi download gambasnya dimana yah ? ? ?

     
  2. ekaperintis On 5 Januari 2010 pukul 00.56

    http://gambas.sourceforge.net/en/main.html