20.52 | Posted in


Asia Pacific Network Information Centre (APNIC) adalah Regional Internet Registry untuk kawasan Asia Pasifik.

APNIC menyediakan jumlah alokasi sumber daya dan layanan registrasi yang mendukung operasi global Internet. Ini adalah bukan untuk mencari keuntungan, organisasi berbasis keanggotaan yang anggotanya termasuk Internet Service Provider, Internet Registries Nasional, dan organisasi serupa.

APNIC fungsi utama adalah:

* Mengalokasikan IPv4 dan IPv6 address space, dan Autonomous System Numbers
* Memelihara Database Whois publik untuk wilayah Asia Pasifik
* Reverse DNS delegasi
* Mewakili kepentingan komunitas internet Asia Pasifik di panggung global

Pertemuan Kebijakan Terbuka

Setiap tahun, APNIC mengadakan dua pertemuan kebijakan terbuka. Ini memberikan kesempatan masyarakat untuk datang bersama-sama untuk pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, pendidikan, pertukaran informasi, dan jaringan - baik profesional dan sosial. Kebijakan Terbuka pertama setiap tahun Rapat diselenggarakan sebagai jejak konferensi Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies (APRICOT), dan yang kedua adalah sebagai standalone diadakan pertemuan. Pertemuan diadakan di berbagai lokasi di seluruh Asia Pasifik dan sering melibatkan unsur-unsur budaya ekonomi negara tuan rumah.

Pelatihan APNIC

APNIC mengadakan beberapa kursus pelatihan di berbagai lokasi di seluruh wilayah. Kursus-kursus ini dirancang untuk mendidik peserta untuk mahir mengkonfigurasi, mengelola dan memberikan layanan internet mereka dan infrastruktur dan untuk menerima praktek-praktek terbaik saat ini.

Whois Database

Database Whois APNIC detail dari registrasi berisi alamat IP dan nomor AS awalnya dialokasikan oleh APNIC. Ini menunjukkan organisasi-organisasi yang memegang sumber daya, di mana alokasi dibuat, dan rincian kontak untuk jaringan. Organisasi yang memegang sumber daya yang bertanggung jawab untuk memperbarui informasi mereka dalam database. Basis data dapat dicari dengan menggunakan antarmuka web pada situs APNIC, atau dengan mengarahkan klien whois Anda whois.apnic.net (misalnya, whois-h whois.apnic.net 203.37.255.97).

Spam, hacking, dll

Setelah memanfaatkan Whois Database dalam upaya untuk menentukan siapa yang mungkin bertanggung jawab untuk mengirimkan spam atau mendapatkan akses tidak sah ke komputer mereka (hacking), banyak orang salah menafsirkan keliru apnic.net sebagai referensi untuk menunjukkan sumber spam atau upaya hacking. Orang-orang ini juga cenderung percaya bahwa APNIC memiliki kewenangan dan kekuasaan untuk mencegah jenis jaringan ini pelecehan. Kedua ini adalah kesalahpahaman. APNIC memainkan peran pasif, memberikan pelayanan yang baik dan terhormat Netizen pidana dalam suatu cara yang tidak menghakimi. APNIC ada semata-mata untuk melayani anggota-anggotanya, dan tidak terlibat dalam masalah Cybercrime kepolisian.

Mitra

APNIC bekerja sama dengan banyak organisasi Internet lainnya, termasuk:

Keanggotaan APNIC

Mayor Internet Service Provider (ISP), National Internet Registry (NIR) dan Pusat Informasi Jaringan (NIC).

Lainnya Regional Internet Registry (RIR)

ARIN (Amerika Utara), LACNIC (Amerika Latin dan Karibia), RIPE NCC (Eropa), dan AfriNIC (Afrika).

The Number Resource Organization

Dengan RIR lainnya, APNIC adalah anggota dari Number Resource Organization (NRO), yang ada untuk melindungi sumber daya nomor belum dialokasikan renang, untuk mempromosikan dan melindungi bottom-up proses pengembangan kebijakan, dan menjadi titik fokus input ke dalam sistem RIR.

Internet terkemuka organisasi

Ini termasuk IANA (IANA), Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Engineering Policy Group (IEPG), Internet Society (ISOC), dan lain-lain .

Registri sebelumnya untuk Australia, yang dikenal sebagai AUNIC, sekarang dibubarkan, dan tanggung jawab yang dilakukan oleh APNIC.

Sejarah

APNIC didirikan pada tahun 1992 oleh Asia Pasifik Koordinator Komite Penelitian Intercontinental Networks (APCCIRN) dan Asia Pacific Engineering and Planning Group (APEPG). Kedua kelompok itu kemudian digabung dan berganti nama menjadi Kelompok Jaringan Asia Pasifik (APNG). Ini didirikan sebagai sebuah proyek percontohan untuk memberikan ruang alamat seperti yang didefinisikan oleh RFC-1366, dan juga mencakup singkat yang lebih luas: "Untuk memfasilitasi komunikasi, bisnis, dan budaya dengan menggunakan teknologi internet".

Pada tahun 1993, APNG menemukan mereka tidak mampu menyediakan payung formal atau struktur hukum untuk APNIC, dan jadi pilot proyek ini menyimpulkan, tetapi APNIC terus eksis secara independen di bawah kekuasaan IANA sebagai 'proyek sementara'. Pada tahap ini, APNIC masih tidak memiliki hak-hak hukum, keanggotaan, dan struktur biaya.

Pada tahun 1995, pelantikan diadakan pertemuan APNIC di Bangkok. Ini adalah pertemuan dua hari, dijalankan oleh para relawan, dan bebas untuk hadir. Sumbangan sukarela dicari sesuai dengan ukuran organisasi, mulai dari $ 1.500 untuk 'kecil', melalui ke $ 10.000 untuk 'besar'. Tiga anggota jenis didefinisikan oleh APNIC-001: ISP (lokal IR), Enterprise, dan Nasional.

1996 melihat struktur biaya yang layak diperkenalkan, pembentukan keanggotaan, dan penyelenggaraan pertemuan APRICOT pertama.

1997 Pada saat tiba, itu menjadi semakin jelas bahwa APNIC lingkungan setempat di Jepang membatasi pertumbuhan - misalnya, staf terbatas pada anggota 4-5. Oleh karena itu, perusahaan konsultan KPMG dikontrak untuk menemukan lokasi yang ideal di kawasan Asia Pasifik untuk APNIC markas baru.

Untuk alasan-alasan seperti infrastruktur stabil, rendahnya biaya hidup dan operasi, dan keuntungan pajak bagi organisasi keanggotaan, Brisbane, Australia dipilih sebagai lokasi baru, dan relokasi selesai antara bulan April dan Agustus, 1998, sambil tetap menjaga seluruh operasi terus-menerus.

Pada tahun 1999, relokasi itu selesai, krisis ekonomi Asia berakhir, maka mulai periode konsolidasi untuk APNIC - masa pertumbuhan berkelanjutan, pengembangan kebijakan, dan penciptaan dokumentasi dan sistem internal.

Sejak itu, APNIC telah terus tumbuh dari awal yang sederhana ke anggota lebih dari 1.500 di 56 ekonomi di seluruh wilayah dan sekretariat dari sekitar 50 anggota staf yang terletak di kantor pusat di Brisbane, Australia.

Kebijakan proses pembangunan

Kebijakan-kebijakan APNIC dikembangkan oleh keanggotaan dan lebih luas komunitas internet. Media besar untuk pengembangan kebijakan adalah face-to-face Pertemuan Kebijakan Terbuka, yang diadakan dua kali setiap tahun, dan milis diskusi.

Pengembangan kebijakan APNIC prosesnya adalah:

* Buka
o Siapa saja dapat mengusulkan kebijakan.
o Setiap orang dapat membicarakan proposal kebijakan.
* Transparan
o APNIC dokumen publik semua diskusi kebijakan dan keputusan.
* Bottom-up
o drive komunitas pengembangan kebijakan.

Dokumen APNIC semua diskusi kebijakan dan keputusan untuk memberikan transparansi lengkap dari proses pengembangan kebijakan.

Tahap proses pengembangan kebijakan

Ada tiga fase utama dari proses pengembangan kebijakan APNIC:

1. Sebelum pertemuan APNIC
2. Pada pertemuan APNIC
3. Setelah pertemuan APNIC

1. Sebelum rapat

Anda harus memasukkan kebijakan atau perubahan yang diusulkan ke Sekretariat APNIC setidaknya empat minggu sebelum pertemuan di mana proposal akan dipertimbangkan. Ketua SIG Setelah menerima usulan, itu akan diposting ke milis sehingga masyarakat dapat membicarakannya. Hal ini memungkinkan orang untuk membahas proposal, dan ini merupakan cara penting bagi orang-orang yang tidak bisa menghadiri pertemuan telah mereka katakan. Semua diskusi ini diperhitungkan ketika usulan ini dibahas di APNIC Open Policy Meeting (OPM).

2. Pada pertemuan

Pada OPM sendiri, kebijakan yang diusulkan disajikan selama sesi SIG yang sesuai. Ini adalah kesempatan untuk mempresentasikan proposal Anda secara pribadi, atau dengan cara lain jika Anda tidak dapat hadir. Masyarakat akan menggunakan kesempatan ini untuk mengomentari proposal. Jika proposal mencapai konsensus, yang SIG laporan Ketua keputusan pada APNIC Member Meeting (AMM) pada akhir minggu. Keanggotaan APNIC kemudian diminta untuk mendukung keputusan SIG.

3. Setelah pertemuan

Dalam seminggu proposal yang disahkan pada Rapat Anggota APNIC (AMM), proposal dikirim kembali ke milis untuk delapan minggu periode komentar. Jika ada perubahan yang dilakukan pada proposal selama pertemuan APNIC, delapan minggu ini periode komentar masyarakat memberikan kesempatan untuk mengomentari proposal yang dimodifikasi. Jika proposal tersebut dianggap telah mencapai konsensus selama delapan komentar minggu periode itu, Ketua SIG APNIC akan meminta Dewan Eksekutif (EC) untuk mendukung usulan tersebut. Setelah APNIC kebijakan Komisi Eropa mendukung proposal, Sekretariat APNIC mengimplementasikan kebijakan. Ini biasanya terjadi minimal tiga bulan setelah dukungan Komisi Eropa.


Category:
��

Comments

0 responses to "APNIC"